14 September 2009

Cara Instal Windows Xp Professional SP3 di hp 520

Windowsnya rusak, itulah alasan kenapa saya coba instal ulang xp laptop kesayangan. mungkin tidak berbeda jauh dengan penginstalan notebook jenis lain. tapi jalan yg saya lalui tidak selancar seperti yg saya bayangkan. ada 2 kendala, yg pertama hardisk gak ke-detect dan yg kedua instal driver (auido dan modem). kalo yg udah ahli komputer seh mungkin sudah tau, saya kan "newbie" masalah ginian. hehehe kan niat posting di blog ini buat berbagi saja, siapa tau ada yg punya kendala sama.

instal windows :
1. Masukan cd drive xp nya,
2. kemudian masuk ke Base Menu/BIOS (layar warna biru) : a. Pencet tombol power,caranya tekan F10 > system configuration > pilih USB CD ROM, ganti dgn "first".
b. Yg penting disini ni, msh di tab System Configuration > pilih device configuratin > SATA Native Mode dari Enable di ganti Disable (karena xp gak support buat SATA, kecuali cd xp yg sudah set buat SATA). kalo gak di Disabled, ya hardisk nya gak bakal ke-detect.
c. pilih File > Save Changes and Exit >F10.
3. tekan F9 > pilih Optical Disk Drive
4. cliiiiing bakal keluar tulisan press any key to boot cd, tekan aja tombol sembarang.
5. muncul windows setup > tekan Enter= instal ulang > F8
6. pilih partisi C, jika hanya mau instal ulang dan partisi yg laen gak ikut ke-format. >Enter (disarankan pilih NFTS File System) > ESC > F kemudian partisi C akan diformat trus laptop bakal restart sendiri.
8. MUncul Regional dan Language Optons > customize untuk ganti daerah dan waktu (indonesia, kalo gak salah waktu jakarta = GMT7 )
9. Next > isi nama dan organisasi > Next > Masukan serial number xp/cd > Next > duhhh lupa deh langkah2nya, ikutin aja perintah yg ada disitu..

oh ya, selaen itu, pengaturan BIOS untuk instal windows bisa juga BACA DISINI.

setelah itu instal driver : Chipset, Audio, Modem , dll. kalo driver nya gak ada, bisa DOWNLOAD DISINI.Setelah diinstal pasti audio sm modem nya gak ke detect jg, caranya biar audio jd normal:
1. klik kanan my computer(bs jg dr windows expolrer) > Properties > Hardware > Device Manager
2. Setelah buka device manager, cari modem atau audio yg sudah terinstal tadi yg ada tanda (!) atau (?) > klik kanan > update driver > (cari file configurasi/soundcardnya)= file berekstensi *inf.
3. sekarang tes audio, tes tes tes biji kates netes netes.


sekarang kinerja laptop jauh lebih cepat dan pemakaian baterai pun bisa dipangkas jd lebih tahan lama.


Note: cara instal driver diatas mungkin bs juga digunakan buat produk notebook keluaran hp dan qompaq seri lain.

hahaha semoga bermanfaat,silahkan komentar...

*cling !! aku menghilang*

5 komentar:

  1. makasih caranya... laptop saya crash... jadi saya instal ulang tadinya saya pake win xp sp2 tapi skarang coba ke xp sp3 aja...

    BalasHapus
  2. thanks tas infonya,
    sangat membantu...^^

    BalasHapus
  3. Bro, klo sesudah diinstall, trus ga mau booting, tampilannya blank ga ada bacaan apa2 cm blank. Itu gmn solusinya ?

    BalasHapus
  4. kalo instal lewat windows xp lewat flashdisk gimana caranya, mohon petunjuk trims...
    alamfree.blogspot.com

    BalasHapus
  5. wah thanks pernah beberapa kali pc net ane bluscreen , eh iya kunungi balik ya cara daftar dragon nest sea di warnet dan website pertanian online

    BalasHapus