08 April 2009

Lobster Air Tawar


Ada beberapa jenis lobster yang saat ini sering kita dengar diantaranya cherax destructor (yabby), cherax lorentzi (asal papua), procambarus clarkii dan laen2. Sedangkan yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis cherax qudriqarinatus (redclaw). Lobster jenis ini bisa mencapai ukuran 30 cm (diukur dari ujung ekor sampai ujung kepala). Tetapi dengan perkawinan sedarah (perkawinan saudara) anakan lobster yang dihasilkan akan kerdil. Ada yang mengatakan lobster yang bagus dan paling cepat dibudidayakan adalah jenis redclaw walkamin.
Walkamin ditemukan oleh Dr. Clive jones yang dihasilkan dari berbagai persilangan. gak tau deh gimana dia ngawininnya, apa redclaw dikawinin sama ayam hehehe....Selain pertumbuhannya lebih cepat dibandingin redclaw biasa redclaw walkamin ini juga menghasilkan telur yang banyak. anakan lobster yang baru netas disebut burayak.
Lobster adalah hewan omnivora, jadi dikasih makan apa saja pasti dimakannya deh. tapi agar lobster cepat bertelur perlu dikasih makanan yang banyak mengandung protein tinggi. sedangkan agar cepat besar lobster harus dibudidayakan di kolam konstruksi dari tanah karena kolam tanah banyak mengandung makanan alami seperti cacing, serta organisme air lain yang berguna buat pertumbuhan lobster. tapi warna lobster yang dipelihara dikolam tanah berwarna coklat sedangkan lobster yg dibudidayakan di akuarium berwarna biru cerah dan bagus untuk hias.

membedakan jantan dan betina sangat gampang, lobster jantan mempunyai capit yg besar serta agak membulat dan ada warna merah diujung kedua capit tsb. sedangkan betina capitnya agak kecil, dan tidak ada warna merah di kedua ujung capitnya.

Tips pemijahan lobster :
1. di beri pakan berprotein tinggi, misalnya kacang ijo, ikan segar dll.

2. kurangi sarang (loster, paralon), ini agar lobster sering berinteraksi sehingga dimungkinkan pemijahan akan berlangsung cepat.

Indukan yg bertelur harus dipisahkan dari yg lain, untuk mencegah perkelahian yg menyebabkan kerontokan telur. ukuran indukan betina yg dipijahkan mempengaruhi jumlah dan kualitas telur. indukan yg berukuran besar 5inch up akan mempunyai telur banyak dan ukuran telur yg besar jika dibandingkan telur yg dihasilkan oleh indukan ukuran 4 inch. menurut beberapa sumber hal tsb jg akan mempengaruhi kualitas anakan (burayak) yg akan dihasilkan, jika indukan yg dikawinkan berukuran besar maka anakan yg dihasilkan akan cepat besar dan mempunyai ukuran maksimal. sebaliknya jika indukan yg dikainkan msh berukuran kecil, akan menghasilkan anakan yg kuntet (kerdil).


3 komentar:

  1. Yang di maksud kawin sedarah gimana pak,

    BalasHapus
  2. Lobster saya d aquarium sering saya kasih makan tahu....apa ada pengaruhnya???

    BalasHapus