08 April 2009

Kalkun


Kalkun merupakan salah satu spesies burung yang berukuran besar dan bisa dipelihara atau bahkan bisa dibudidaya loh. Selain bisa dimakan, kalkun juga bisa dijadikan ayam hias di pekarangan rumah. Makanan kalkun sama dengan ayam lainnya yaitu bijian, poer, serangga dan sedikit makan rumput2an.

Kalkun berasal dari Amerika Utara dan sekarang sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Indonesia. Di Amerika, kalkun biasa dikonsumsi pada saat hari thanksgiving setiap tanggal 23 november dan perayaan natal. Sedangkan di Indonesia, satu-satunya peternakan kalkun hanya ada di peternakan Ir. Cahyo provinsi Lampung. Kalkun merupakan salah satu unggas berukuran besar mencapai 12 kg per ekor.

Ada hal unik dari kalkun yaitu bisa menghasilkan telur yang fertil (tetas) walaupun tidak ada oleh pejantan. memang semua ayam bisa bertelur tanpa penjantan alias jomblo tapi telurnya gak bisa menetas. Sedangkan kalkun walaupun jomblo bisa menghasilkan telur yang fertil dan anak yang dihasilkan selalu jantan...

keunikan lainnya, jantan akan mengembangkan sayap dan ekornya untuk menarik perhatian betina. Dan selalu menyerang orang yang memakai baju 'ngejreng", hihihi kayak matador yah. di Amerika sono kalkun biasa menyerang tukang pos dengan tajinya. mengenai perilaku kalkun ini katanya sih terkait dengan musim kawin kalkun.

2 komentar:

  1. bagus mas blog nya
    mas pernah piara kalkun?

    BalasHapus
  2. iya, sy piara mas, soalnya lumayan bagus
    yg betinanya kalo diperhatiin agak2 mirip burung merak
    tp konsumsi pakannya banyak

    BalasHapus