17 Mei 2009

Ayam Pelung

Ayam pelung mungkin belum banyak yg tahu tentang ayam satu ini. Ayam pelung adalah ayam asli Cianjur berat jantan dewasa bisa mencapai 6kg dan tingginya mencapai 50 cm dengan panjang (lama) kokok suara bisa sampai 13 detik. Hal inilah yg menjadi nilai jual ayam pelung. Ciri yg paling menonjol dari ayam pelung adalah badannya tegap, besar, jengger dan pialnya besar, berbulu lebat, kakinya agak kehitaman. Menurut beberapa artikel yg saya baca, ayam pelung yg juara kontes harganya bisa mencapai 3juta rupiah. Waw harga yg lumayan mahal yah,, .hehehe

Mau cerita2 sedikit ni, Sabtu sore (16/5/09) kebetulan saya lagi keliling2 trus lewat pasar cinde palembang, eh gak sengaja liat ayam pelung. Awalnya saya gak percaya kalo dipalembang ada yg jual ayam pelung. trus saya tanyain sama ibu yg jual, katanya itu ayam pelung, ternyata dugaan saya benar. Baru ertama kali lihat langsung loh jadi agak heran plus penasaran.

Nah ayam pelung yg saya liat itu badannya gak sebesar seperti yg saya baca di artikel, suaranya pun cuma sktar 7 detik. Kira-kira lebih besar dari ayam bangkok dikit. hehehe mungkin ayam pelung nya bukan yg asli lg kali yah alias udah turunan. tapi suaranya memang beda dari ayam biasa, lebih besar. trus saya tanya harganya, suami ibu yg jual jawab "500rb dek". Memang lebih murah dr pelung yg asli Cianjur. kata temen saya yg pernah liat di daerah jawa sono, ayam pelung asli bisa dinaikin anak kecil (balita) loh, kebayang kan sangking besarnya.

Eh pas udah dirumah baru inget, lupa numpang ambil fotonya si ayam. Jadi gak bisa posting fotonya deh. Tar deh kalo katemu ayam pelung lg saya fotoin trus post disini biar yg view blog saya bisa liat gambarnya.

26 komentar:

  1. wah asyik tuh..saya juga pelihara ayam pelung tuh di pangalengan bandung..dan sekarang lagi nafsu ikutan kontes...
    hasan 081321874872

    BalasHapus
  2. berat ayam pelung sekarang rata-rata 4-7 kg tuh.dan peternak tidak terlalu fokus pada bobot,mereka lebih fokus pd suara.di cianjur sendiri cukup banyak yang panjang suaranya cuma dibawah 11 detik tetapi lebih panjang dari ayam kampung biasa.harusnya tunggu suara panjangnya karena ayam pelung memiliki suara pendek,pendek.lalu panjang setelah beberapa kali berkokok

    BalasHapus
  3. walaupun saya tidak mempunyai ayam pelung jantan. Tp skarg sy lg memelihara anakannya. mdh2n nt besar bs ikut kontes. Dan nanti tanggal 13 d pangalengan inginnya sih datang, krn skrg sy sdh cinta ama ayam pelung. mdh2n bs dtg d 13 desember nt. amin

    BalasHapus
  4. oke mas, thanks udah berkunjung di blog ini..hehe..
    sukses buat kontesnya..

    BalasHapus
  5. Aku punya cerita nih....,1 bulan yang lalu beli ayam pelung harga 300 rb dapat lancuran, eh ternyata dapat 3 minggu mulai bunyi tuh, kadang suara pendek kadang panjang.aduh seneng deh pokoknya.kebetulan pagi jam 04.30wib aku sambil lihat TV dengerin Ayamku yang lagi belajar berkokok, e.....jam 05.00 kok sudah nggak ada suara lagi.Tak cek ke samping rumah ternyata ayamku di makan anjingnya tetangga belakang rumahku.Mana tetanggaku termasuk orang menengah ke bawah lagi.Minta ganti ?.Rasanya nggak mungkin, jadi iklaskan saja. Buat temen-temen yang punya ayam pelung di jaga ya.Oh ya aku mo coba lagi beli indukan pelung yang murah... ada nggak nih untuk di daerah jatim. Rumahku pasuruan.Kalau ada call 085648111803 Bpk. Triyono.
    Untuk Mas Alam Othet. Trims ya, atas bolehnya aku bergabung.

    BalasHapus
  6. makasih ya teman teman, krn sdh hubungi aku (bpk.triyono),hingga akhirnya aku keturutan punya ayam pelung sendiri

    BalasHapus
  7. daerah purwokerto dmn ya ada ayam pelung?
    arif
    085291185696

    BalasHapus
  8. salam, abang alam othet, tekuni apa yang sekarang jadi minat abang meskipun skarang kokoknya kurang bagus mungkin makin tambah umur makin bagus ang barangkali nanti jadi pengalaman untuk cari ayam pelung lagi sukses

    BalasHapus
  9. mas tanggal 27n ini ada kontes di bandung..u info hubungi hasan 081321874872

    BalasHapus
  10. kapan iniya bisa punya ayam pelung,siapa ya yang mau tak tukar dengan ayam jawa

    BalasHapus
  11. Oh ya teman-teman, aku punya bibit ayam pelung di pasuruan. Ku jual nih, ada yang tertarik?. Cal.Agus (085655301443)

    BalasHapus
  12. tau alamatnya penjual ayam pelung di jogja ngk ya?

    BalasHapus
  13. saya di jogja
    Punya 2 pasang ayam pelung umur 4,5 bulan Klo berminat dan harga cocok saya jual
    Sya juga punya kalkun 7 ekor umur 5 bulan
    email
    ipelung@yahoo.com
    cepat

    BalasHapus
  14. tau alamatnya penangkar ayam pelung dikaltim g

    BalasHapus
  15. http://www.facebook.com/pages/Ayam-Pelung-Mania/119300584792423?ref=ts

    BalasHapus
  16. Tersedia
    ayam pelung, Turunan legenda ( Goyang & raja) umur 1,5 bulan, harga
    nego... untuk Turunan pelung kontest umur 1,5 bulan, harga 250 ribu
    sepasang, untuk pelung turunan biasa umur 1,5 bulanharga 120 - 150 ribu sepasang...lokasi depan pasar caringinbandung...hp 0856-159-1959..Terimakasih... Salam Pelung....:-)

    BalasHapus
  17. bagi rekan yang banyumas dan sekitarnya yang membutuhkan pelung bisa contact sya di 085291185696.
    thanks

    BalasHapus
  18. qu punya ayam pelung nih umur 3 bulan, qu jual dg harga 459rb sepasang. bagi yang minat hub 086788175064 (ijal).
    qu di daerah palembang tp siap antar.

    BalasHapus
  19. yang minat ayam plung di palembang saya jual sepasang asli dr sidrap jawa..umur 4 bln kokok baru 6 dtik berat bapknya 9,5 kilo kokoknya 16 dtik hub 085788175064

    BalasHapus
  20. cari anakan ayam pelung di palembang.
    di mana ya ?
    contact 085788085076

    BalasHapus
  21. cari anakan ayam pelung di blitar.
    dimana ya?
    CP : SMS 085655359170

    BalasHapus
  22. Cari anakan ayam pelung sepasang asli cianjur yang ad di bandung dmn y?
    Sms 089683294202

    BalasHapus
  23. beli anakan ayam pelung baru netas daerah palembang..
    Ku sudah beli sepasang harganya 100rb..
    Minat beli lagi buat koleksi..
    Tinggal di daerah perintis kemerdekaan palembang..
    Tolong kontak ya..
    081958568492
    siap ke kandang buat liat2..
    Sekedar hoby..

    BalasHapus
  24. Saya jual pelung juga tp khusus jogja yaa :D 085743108350

    BalasHapus
  25. ane punya ayam pelung baru 4 bulan

    BalasHapus