08 April 2009

Ikan Manvish (layang-layang)



Ikan manvish adalah salah satu ikan yang termasuk ikan hias. Ikan ini berukuran kecil dan mempuyai sirip yang panjang sama dengan ukuran tubuhnya. Ikan ini memakan kutu air serta cacing2 yang berada di dasar perairan.

ikan ini bersifat agresif saat kawin. Jika akuarium tempat pemijahan diganggu maka ikan manvish jantan akan langsung menyerang. untung ukuran badannya kecil, kalo besar bisa2 putus deh tangan.

ikan ini bisa melakukan pemijahan sekitar 1 kali dalam sebulan, termasuk ikan yg tergolong cepat berkembang biak. tapi dari sekian banyak telur yg dihasilkan biasanya hanya beberapa ekor saja yg bisa bertahan hidup (survive) sampai dewasa. selain itu faktor lain yg mempersulit gagal dalam pemijahan yaitu karena serangan jamur pada telur.

teknik pemijahannya yg biasa dilakukan biasanya secara alami, yakni ikan jantan dan betina di masukkan kedalam akuarium yg sama yg sudah diberi tumbuhan air atau potongan pipa paralon yg dipasang tegak sebagai media penempelan telur.kemudian telur yg dikeluarkan si betina akan di buahi oleh sang jantan.

Setelah telur dibuahi oleh jantan, induk betina di pisahkan dari tempat pemijahan untuk mencegah telur dimakan induknya sendiri. sedangkan jantan dibiarkan menjaga telur2. anakan yg baru menetas biasanya hidup bergerombol dan tidak diberi makan selama beberapa hari sampai cadangan makanan (kuning telur) di perut2 mereka habis.
jika cadangan makanannya habis, pakan yg disarankan adalah kutu air yg disaring. kenapa harus disaring, karena ukuran mulutnya yg msh kecil. kalo kutu air (dapnia) yg diberikan tanpa disaring bisa2 justru mereka jd santapan kutu air. intinya adalah ukuran makanan menentukan jenis pakan yg dikonsumsi.

1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan ZEAXANTINE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus